Minggu, 13 Juli 2014

Kelebihan dan Spesifikasi Yamaha R15

Kelebihan dan Spesifikasi Yamaha R15

Yamaha kembali menunjukkan eksistensinya di dunia motor sport dengan meluncurkan Yamaha R15. Motor racing berkapasitas 150CC ini dirilis di Indonesia pada tahun 2014 ini. Yamaha R15 adalah motor sport full fairing dengan desain yang sangat macho. Motor ini terlebih dahulu dirilis di India dan langsung mendapatkan sambutan antusias dari pecinta motor. Motor sport Yamaha R15 ini memiliki beberapa sisi yang mirip dengan V-ixion seperti bodinya dan spesifikasi mesin yang terkandung dalam motor 150cc terbaru dari Yamaha ini.
yamaha r15
Namun ditengah kemiripan tersebut ternyata Yamaha R15 ini lebih unggul dari Yamaha Vixion. Harga dari motor sport ini pun juga tentunya akan lebih mahal. Yamaha R15 diluncurkan oleh pabrikan Yamaha untuk menyaingi eksistensi dari Honda CBR150RR dan Kawasaki Ninja RR. Yamaha mengisi kekosongan tersebut dengan motor laki ini yang memiliki desain seperti Yamaha Vixion lighting. Apakah motor Yamaha 150cc terbaru tahun 2014 ini akan sukses untuk mencengkram kakinya kuat di Indonesia? Disini Mas Sena akan mencoba membahas spesifikasi dan kelebihan Yamaha R15 untuk para pembaca setia. Berikut ulasan kami.

Spesifikasi Yamaha R15

Yamaha tampaknya membuat motor 150cc ini inspirasi dari Vixion. Bagaimana tidak, spesifikasi Yamaha R15 ini hampir mirip dengan Yamaha Vixion namun dengan beberapa perubahan yang membuatnya semakin perkasa. Bentuk fairing dari Yamaha R15 ini sangat sporty dengan unsur motor sport modern yang kental ketika anda melihat body kitnya. Bentuk body dan ukuran dari Yamaha R15 ini sangat gagah. Bodynya sendiri memiliki dimensi 1.955 X 660 X 1.070 (P x L x T/mm) dan jarak terendah dengan tanah adalah 160 mm. Namun dimensi tersebut lebih kecil daripada pesaingnya yaitu Honda CBR 150R. Dengan dimensi dan berbagai komponen yang ada di motor tersebut, Yamaha R15 memiliki bobot 136 kg. Sistem Delta box atau bisa kita sebut rangka khas menjadi andil utama terhadap efisiensi bobot dan tampilannya yang cukup ringkas. Spesifikasi Yamaha R15 ini juga semakin tangguh dengan dual lamp yang berada pada headlampnya, sehingga mampu memberikan pencahayaan dengan maksimal.
Selain itu Spesifikasi Yamaha R15 dilengkapi dengan Alumunium Swing Arm dengan desain ala Superbike yang maskulin, gagah, dan stabil yang merupakan inovasi pertama di Indonesia. Motor sport ini sendiri menggunakan sistem Electric Starter sebagai pengampu pada sistem straternya. Untuk pilihan warna ada 3 warna yang bisa anda pilih yaitu Midnight Black (hitam dan abu-abu), Supernova Red (Merah-Putih), dan Racing Blue(Biru-Putih). Nah yuk sekarang kita lanjut ke spesifikasi motor Yamaha R15 untuk bagian dapur pacunya.
spesifikasi yamaha r15
Sekarang kita lanjut spesifikasi motor Yamaha R15 ini dalam segi dapur pacunya. Untuk urusan dapur pacu Yamaha R15 ini memiliki kapasitas mesin yang lebih besar dari Vixion. Seperti mesinnya dapat mencapai tenaga maksimal 16.83 dk/8.500 rpm dan torsi puncak 15 Nm/7.500 rpm sedangkan Vixion hanya mampu mencapai tenaga 16.43 dk/8.500 rpm dan torsi 14 Nm/7.500 rpm. Motor sport Yamaha ini juga sudah berteknologi injeksi yang membuat mesinnya semakin maksimal dan penghabisan bahan bakar semakin minimal. Spesifikasi Yamaha R15 ini juga semakin responsif dengan percepatan yang digunakan motor 150cc ini sudah mencapai 6 percepatan. Tipe mesin dari Yamaha YZF R15 untuk Indonesia sendiri adalah 149,8 cc, 4 langkah, 4 valve SOHC, dan berpendingin cairan silinder tunggal. Untuk lebih lengkapnya Semisena telah merangkai spesifikasi dari Yamaha R15 dalam tabel dibawah ini. Berikut ini tabelnya:
Spesifikasi Yamaha R15
Kapasitas mesin : 149.8cc
Tipe Mesin : SOHC
Perbandingan Kompresi : 10.4 : 1
Max Power : 14.8 PS/8500 RPM
Max Torque : 13.10 nm/7500 RPM
Bore x Stroke : 57mm x 58.7 mm
Sistem Pengkabutan : Injeksi
Transmisi : 6 – Speed
Sistem Pendingin : Radiator
Ukuran Ban Depan : 90/80-17 Tubeless
Ukuran Ban Belakang : 130/80-17 Tubeless
Rem Depan : Cakram 245mm
Rem Belakang : Cakram 220mm
Suspensi Depan : Telescopic
Suspensi Belakang : Link Type Monocross
Kapasitas tangki : 12 Liter
Rangka : Delta Box
Speedometer : Semi Digital

Kelebihan Yamaha R15

Setelah kita mengulas lebih dalam spesifikasinya kita lanjut ke segmen kelebihan Yamaha R15. Motor sport ini memiliki beberapa kelebihan yang membuatnya lebih unggul daripada motor sejenis lainnya. Untuk urusan bodynya Yamaha R15 ini memiliki body yang mirip dengan Vixion, namun terlihat lebih sangar dan modern. Kerangka yang membentuk bodynya pun terlihat lebih ringan dengan bobot hanya 136 kg. Kelebihan Yamaha R15 ini juga patut kita acungi jempol pada mesinnya karena mesinnya sudah mengadopsi sistem 6-percepatan yang membuat akselerasi dari Yamaha YZF R15 ini akan semakin responsif dan cepat.
kelebihan yamaha r15
Kelebihan Yamaha R15 ini juga terlihat dari lampunya yang sudah menggunakan LED. Selain itu Yamaha R15 ini telah menggunakan Aluminium Swing Arm yang merupakan pertama di Indonesia. Tenaga yang dihasilkan oleh motor ini juga maksimal karena dapat mencapai 14.8 PS/8500 RPM dengan teknologi injeksi mampu menawarkan dapur pacu yang diidam-idamkan oleh para pecinta motor sport 150cc. Dan tentunya kelebihan Yamaha R15 indonesia ini adalah merupakan perbaikan dari Yamaha R15 versi India yang terlebih dahulu.  Dengan perbaikan ini tentunya Yamaha YZF R15 versi Indonesia ini akan lebih baik dari versi India baik dari segi body kit maupun mesinnya

2 komentar:

Riz mengatakan...

woy

Unknown mengatakan...

Iyya knapa gan..?

Posting Komentar